Text
ANALISIS TINGKAT PERGANTIAN PELANGGAN (CHURN RATE) PADA PERUSAHAAN DISTRIBUSI PELUMAS SHELL
Tingkat pergantian pelanggan atau customer churn menjadi perhatian bagi perusahaan untuk memaksimalkan strategi pemasaran. Analisis terhadap customer churn rate digunakan dalam menentukan strategi pemasaran dengan menggunakan machine learning. Konsep tersebut diharapkan dapat memberikan suatu pemecahan masalah terhadap masalah yang akan muncul di masa yang akan datang dengan menggunakan analisis terhadap riwayat yang sudah terjadi. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis customer churn pada perusahaan distributor pelumas serta memberikan model prediksi customer churn. Analisis dilakukan melalui metode logistic regression, K-nearest neighbor, dan hybrid KNN-LR classifier. Akurasi yang diperoleh dari metode tersebut 75%, 75,71%, dan 89,29% secara berurutan. Dalam penelitian ini, KNN menunjukkan nilai akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan logistic regression. Berdasarkan analisis tersebut metode hybrid KNN-LR classifier menunjukkan akurasi yang paling besar dibandingkan dengan metode logistic regression, K-nearest neighbor (KNN). Empat variabel terkait penjualan yang berpengaruh signifikan terhadap churn yang dilakukan oleh pelanggan, yaitu kuantitas, frekuensi pembelian, kebijakan harga, dan sektor armada. Semakin tinggi volume pembelian, semakin rendah frekuensi pembelian, pelanggan pada sektor armada, dan tidak adanya kebijakan harga khusus yang diberikan kepada pelanggan akan menyebabkan pelanggan tersebut mudah melakukan churn.
30007511 | 7511 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available