RLC MM FEB-UI

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS TINGKAT PERGANTIAN PELANGGAN (CHURN RATE) PADA PERUSAHAAN DISTRIBUSI PELUMAS SHELL

Text

ANALISIS TINGKAT PERGANTIAN PELANGGAN (CHURN RATE) PADA PERUSAHAAN DISTRIBUSI PELUMAS SHELL

BAGASWORO, ARIO - Personal Name; ARVIANSYAH - Personal Name;

Tingkat pergantian pelanggan atau customer churn menjadi perhatian bagi perusahaan untuk memaksimalkan strategi pemasaran. Analisis terhadap customer churn rate digunakan dalam menentukan strategi pemasaran dengan menggunakan machine learning. Konsep tersebut diharapkan dapat memberikan suatu pemecahan masalah terhadap masalah yang akan muncul di masa yang akan datang dengan menggunakan analisis terhadap riwayat yang sudah terjadi. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis customer churn pada perusahaan distributor pelumas serta memberikan model prediksi customer churn. Analisis dilakukan melalui metode logistic regression, K-nearest neighbor, dan hybrid KNN-LR classifier. Akurasi yang diperoleh dari metode tersebut 75%, 75,71%, dan 89,29% secara berurutan. Dalam penelitian ini, KNN menunjukkan nilai akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan logistic regression. Berdasarkan analisis tersebut metode hybrid KNN-LR classifier menunjukkan akurasi yang paling besar dibandingkan dengan metode logistic regression, K-nearest neighbor (KNN). Empat variabel terkait penjualan yang berpengaruh signifikan terhadap churn yang dilakukan oleh pelanggan, yaitu kuantitas, frekuensi pembelian, kebijakan harga, dan sektor armada. Semakin tinggi volume pembelian, semakin rendah frekuensi pembelian, pelanggan pada sektor armada, dan tidak adanya kebijakan harga khusus yang diberikan kepada pelanggan akan menyebabkan pelanggan tersebut mudah melakukan churn.


Availability
300075117511RLC MM (Rak Tesis)Available
Detail Information
Series Title
-
Statement of Responsibility
Ario Bagasworo
Call Number
7511
Publisher
Salemba, Jakarta : Magister Manajemen FEB UI., 2024
Collation
xi, 56 p. : ill. ; 30 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
650
Content Type
-
Edition
-
Subject(s)
Manajemen Keuangan
Tesis
Machine Learning
Customer Churn Rate Analysis
Lubricant Industry
Ideal Churn Ratio
Customer Retention
Specific Detail Info
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

RLC MM FEB-UI
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

RLC MM-FEBUI (Library) occupies the right side of the ground floor of the MM FEB UI Building with a reading room capacity of more than 60 people.
 
The MM-FEB UI library service system is closed (closed access); where the user does not have direct access to the collection shelf. Or in other words, users are not allowed to take their own books from the collection shelf

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject


© 2025 — RLC MM FEB UI

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search