Berdasarkan hasil pendampingan dan analisis terhadap Malabis Clothing, dapat disimpulkan bahwa Malabis memiliki potensi besar untuk berkembang lebih luas, khususnya dalam menjangkau segmen pelangga…
Pendampingan dalam program Community Business Development Project (CBDP) difokuskan pada penguatan strategi bisnis Lucklig, sebuah UMKM kreatif di bidang produksi suvenir berbasis pesanan yang meng…
Berdasarkan hasil evaluasi dan analisis yang telah dilakukan, terdapat tiga aspek utama yang menjadi prioritas dalam perbaikan operasional If Souvenir guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas bi…
Dengan mempertimbangkan model bisnis Casablanca Kebab dan Nasi Goreng, serta menjawab rumusan masalah yang dihadapi, maka Casablanca Kebab dan Nasi Goreng perlu mengoptimalkan pemanfaatan media sos…
Feha Bakery adalah usaha mikro di bidang kuliner yang mengkhususkan diri dalam berbagai jenis roti sebagai produk utamanya. Sejak Desember 2024 hingga Maret 2025, penulis telah melakukan program me…
Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia memiliki salah satu kontribusi terbesar terhadap kekuatan ekonomi negara, dimana 99 persen dari total pelaku usaha berasal dari kuadran ini dan jumlah…
Sebagai penyumbang penyerapan tenaga kerja terbesar di Indonesia, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, kategori tersebut menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional. Dari sekian…
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia telah diakui memiliki peran strategis dalam penyerapan tenaga kerja dan dalam kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)…
Penelitian ini bertujuan membantu usaha mikro Mamanda Baby Needs Rent dalam meningkatkan penjualan produknya secara berkelanjutan. Mamanda Baby Needs Rent bergerak di bidang jasa penyewaan perlengk…
Penelitian ini mengkaji model bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan akses pasar melalui e-commerce dengan tujuan untuk memperluas segmen pelanggan. Peran signifikan UMKM …