Tesis ini mengkaji pemetaan kelas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) peserta program BRI Growpreneur berdasarkan 12 indikator indeks UMKM Naik Kelas, serta menguji dan menganalisis pengaruh li…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari penghentian program restrukturisasi kredit COVID-19 terhadap performa pembayaran pinjaman Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bank BRI…
Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia memiliki salah satu kontribusi terbesar terhadap kekuatan ekonomi negara, dimana 99 persen dari total pelaku usaha berasal dari kuadran ini dan jumlah…
Sektor pangan halal mendominasi industri halal dan memiliki dampak signifikan pada perekonomian global dan perekonomian Indonesia. Walaupun demikian, sebagian besar UMKM di Indonesia belum menganto…
UMKM memiliki peran yang penting bagi perekonomian Indonesia. Dengan kontribusi sebesar 62% dari PDB, pemberdayaan UMKM menjadi sangat strategis, karena salah satu yang terpenting adalah UMKM menja…
Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 telah menyebabkan krisis ekonomi yang ditandai dengan penurunan perekonomian Indonesia sebesar 2,07%. Seperti halnya krisis ekonomi yang per…
Industri pakaian merupakan industri yang tidak akan menghilang dan dapat memberikan peluang bisnis yang besar. Dengan tingginya permintaan akan pakaian dan aksesoris, maka dibutuhkan usaha untuk …
UMKM merupakan pilar terpenting perekonomian Indonesia. Berdasarkan data, jumlah UMKM pada tahun 2018 mencapai 64,2 juta, dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 trili…
Penerapan konsep pull strategy pada digital marketing UMKM di Indonesia pada saat pandemi Covid-19 bertujuan untuk memberikan alternatif pengembangan strategi penetrasi target segmen baru potens…
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah kegiatan usaha yang dapat menciptakan dan memperluas kesempatan kerja, memberikan pelayanan ekonomi kepada masyarakat, serta mampu berperan dalam pros…