Text
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION MELALUI PLATFORM ERIGO
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi lebih dalam bagaimana Social Media Marketing dan eWOM memengaruhi Online Purchase Intention konsumen, dengan mempertimbangkan peran mediasi dari Conviction dan peran moderasi dari e-retailer apparel brand reputation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 327 responden yang mengenal merek Erigo. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing (SMM) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Conviction, Electronic Word of Mouth (eWOM) memiliki pengaruh positif dan signifikan, Conviction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Online Purchase Intention, Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Online Purchase Intention. Conviction memediasi pengaruh Social Media Marketing terhadap Online Purchase Intention, dan Conviction terbukti signifikan dalam memediasi pengaruh Social Media Marketing terhadap Online Purchase Intention. Apparel e-retailer's brand reputation berperan sebagai variabel moderasi yang memperkuat pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth melalui Conviction terhadap Online Purchase Intention. Penelitian ini memberikan informasi yang berharga bagi pengambil keputusan, terutama bagi perusahaan yang akan memasarkan produknya secara tepat dan cepat. Tren pemasaran media sosial dan eWOM memiliki strategi tersendiri dalam mengoptimalkan efektivitas, efisiensi, profitabilitas, dan produktivitas suatu bisnis.
30007521 | 7521 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available