RLC MM FEB-UI

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH DAYA TARIK VISUAL KEMASAN PRODUK MINUMAN PADA ANAK; ANALISA KEPUASAN MODEL KANO

Text

PENGARUH DAYA TARIK VISUAL KEMASAN PRODUK MINUMAN PADA ANAK; ANALISA KEPUASAN MODEL KANO

MISBAH, IWA - Personal Name; SOBARI, NURDIN - Personal Name;

Daya tarik visual menekankan pada efektivitas kepuasan dan kesukaan anak terhadap atribut kemasan seperti warna, bentuk, informasi, ilustrasi, dan label. Peran strategis yang dimainkan kemasan tidak hanya mampu merebut hati konsumen sebagai obyek pasar, tetapi berdampak pada kepentingan produsen dalam memaknai kemasan sebagai unsur utama meraih ekuitas merek. Studi karya akhir ini menggunakan desain riset deskriptif dan pendekatan yang dilakukan melalui metode kuantitatif. Untuk mendapatkan data penelitian, penulis menggunakan metode kuesioner. Partisipan terdiri dari 119 anak Madrasah Pembangunan UIN Syarief Hidayatullah, jalan Ibnu Taimiya 4 Ciputat - Jakarta dan Sekolah Islam Ruhama, jalan Tarumanegara, Pondok Cabe - Tangerang. Penelitian ini melibatkan responden dan siswa SD kelas dua sampai kelas enam sekolah dasar (SD). Untuk menjamin kepercayaan data pada penelitian ini maka digunakan pendekatan model kepuasan Kano yang terdiri dari attractive quality, one-dimensional, must-be, indifferent, reverse, dan questionable. Model ini diuji menggunakan uji t dua sampel berpasangan. Sedangkan untuk mengukur demografi menggunakan analisis Chi-square. Temuan penting dari penelitian ini adalah anak-anak cenderung mempunyai kesukaan yang tinggi terhadap pengaruh atribut visual kemasan. Misalnya warna dianggap sebagai must be, artinya anak merasa kecewa jika kemasan minuman tidak menampilkan warna yang sesuai dengan warna alaminya. Namun, anak tidak akan meningkat kepuasannya bila warna kemasan sesuai dengan rasa yang dikandungnya. Dengan demikian, alangkah baiknya tetap memberikan aksentuasi warna yang sesuai rasa serta membuat kemasan yang colourfull untuk meningkatkan kesenangan (delighting) anak. Menyangkut bentuk dan ilustrasi, ternyata karakter kartun, mainan, buah, binatang, dan antropomorfik telah meningkatkan kesenangan anak karena dianggap memenuhi kepuasan emosionalnya. Dampak emosional ini bisa berupa rasa senang, gembira dan bersemangat. Indikator daya tarik emosional sangat erat terkait dengan citra visual dari kemasan. Misalnya, tampilan bentuk kartun atau ilustrasi gambar anak yang sedang tersenyum membuat anak memaknai ilustrasi tersebut sebagai kemasan
yang lucu dan ceria.


Availability
300031933193RLC MM (Server RLC)Available
Detail Information
Series Title
Tesis
Statement of Responsibility
Iwa Misbah
Call Number
3193
Publisher
Salemba, Jakarta : Magister Manajemen FEB UI., 2008
Collation
in processus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
650
Content Type
text
Edition
-
Subject(s)
Tesis
Manajemen Pemasaran
Specific Detail Info
Contact Library to get the soft file
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

RLC MM FEB-UI
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

RLC MM-FEBUI (Library) occupies the right side of the ground floor of the MM FEB UI Building with a reading room capacity of more than 60 people.
 
The MM-FEB UI library service system is closed (closed access); where the user does not have direct access to the collection shelf. Or in other words, users are not allowed to take their own books from the collection shelf

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject


© 2025 — RLC MM FEB UI

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search