Text
HUBUNGAN SHARED LEADERSHIP DAN TEAM CREATIVITY DENGAN METODE SOCIAL NETWORK ANALYSIS
Menyikapi tantangan bisnis saat ini, terutama gejolak besar pandemi COVID-19, kreativitas dianggap sebagai komponen penting untuk menerapkan inovasi yang berkelanjutan. Kreativitas juga diperlukan untuk menjawab tantangan eksternal di era digital seperti sekarang ini. Hal ini sangat berlaku untuk perusahaan rintisan yang sedang berkembang yang mengandalkan teknologi dan kinerja kreatif sebagai bisnis inti mereka. shared leadership dianggap memiliki hubungan dengan terbentuknya team creativity. Oleh karena itu, banyak organisasi sekarang tertarik untuk membentuk shared leadership yang melibatkan semua anggota bekerja sama dan berkolaborasi untuk meningkatkan tingkat kreativitas dalam sebuah tim. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan shared leadership dengan team creativity. Analisis jaringan sosial diadopsi untuk mengukur shared leadership menggunakan tingkat kepadatan (density) dan sentralitas (centrality) dari jaringan kepemimpinan. Selanjutnya, kepadatan jaringan (density) dan sentralitas (centrality) dalam shared leadership dan team creativity dianalisis dengan menggunakan korelasi pearson. Untuk menguji hipotesis penelitian ini, data dikumpulkan dari sembilan tim dengan total responden 65 pegawai di sebuah startup berbasis teknologi. Temuan pada penelitian ini mengungkapkan hubungan yang signifikan antara tingkat shared leadership dan team creativity. Penelitian ini menunjukkan bahwa mengembangkan shared leadership merupakan faktor penting dalam membentuk team creativity dalam organisasi.
30006591 | 6591 | RLC MM (Server RLC) | Available |
No other version available