Text
PENGARUH PEMASARAN SENSORIK DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY PADA INDUSTRI JAM TANGAN MEWAH
Penelitian ini mengkaji dampak indikator sensory marketing dan brand experience terhadap emotional attachment, customer commitment, dan brand loyalty dalam industri jam tangan mewah. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 323 konsumen Indonesia yang membeli jam tangan mewah, dan menunjukkan adanya hubungan signifikan antara indikator sensory marketing, brand experience, emotional attachment, customer commitment, dan brand loyalty. Namun, pengaruh store image ditemukan tidak signifikan dalam memoderasi hubungan antara indikator sensory marketing, brand experience, dan emotional attachment. Penemuan ini menekankan pentingnya indikator sensory marketing dan brand experience dalam membentuk emotional attachment dan customer commitment yang pada akhirnya mempengaruhi brand loyalty.
Hasil dari penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi produsen dan distributor jam tangan mewah di Indonesia untuk meningkatkan brand loyalty daripada pelanggan melalui strategi pemasaran yang efektif dan pengalaman ritel yang optimal. Namun, perlu diwaspadai dalam menggeneralisasi implikasi ini ke negara atau industri lain. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi pada literatura tentang brand loyalty, khususnya dalam industri jam tangan mewah, dengan mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh produk substitusi seperti smartwatch maupun oleh pesaing yang bergerak di segmentasi jam tangan mewah itu sendiri. Penelitian ini memberikan panduan untuk mempertahankan brand loyalty di tengah persaingan yang semakin ketat antar brand, maupun dalam menghadapi ancaman dari produk substitusi.
30007087 | 7087 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available