Text
PENGARUH KARAKTERISTIK SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION BEAUTY PRODUCT DI INDONESIA
Penggunaan influencer Instagram dalam Industri Kecantikan meningkat berkat perkembangan internet dan media sosial, namun tantangan muncul dalam memilih karakteristik yang tepat dari influencer. Beberapa fenomena menunjukkan bahwa pemasar seringkali tidak mendapatkan hasil yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh content quality dan atiitude towards influencer terhadap niat beli produk kecantikan yang dipengaruhi oleh karakteristik beauty influencer pada Generasi Z dan Milenial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data akan diolah menggunakan metode CB-SEM dengan aplikasi IBM AMOS 24 untuk memproses 250 data yang diperoleh melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content quality dan atiitude towards influencer mampu berpengaruh secara langsung terhadap niat beli. Variabel perceived credibility, perceived expertise, likeability, dan familiarity juga berpengaruh terhadap sikap terhadap influencer untuk niat beli. Di sisi lain, trustworthiness juga secara tidak langsung mempengaruhi purchase intention melalui content quality secara signifikan. Selain itu, similarity dan parasosia interactionl mempengaruhi niat beli secara langsung. Penelitian ini memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap influencer kecantikan dan kualitas konten yang berdampak positif pada niat beli. Hal ini diharapkan dapat membantu pengusaha dan pemasar memahami kontribusi influencer kecantikan di media sosial Instagram terhadap niat beli.
30007117 | 7117 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available