Text
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KREDIBILITAS BRAND, LOYALITAS DAN KOMITMEN NASABAH STUDI PADA: PENGGUNA APLIKASI MOBILE BANKING
Ketatnya persaingan di Industri perbankan di Indonesia akibat invasi bank dan dompet digital memaksa perusahaan untuk menggunakan strategi marketing yang efektif untuk mempertahankan serta mendapatkan nasabah. Salah satunya dengan menggunakan celebrity sebagai endorser. Tujuan penelitian ini untuk menguji peran celebrity endorser dalam menumbuhkan kredibilitas brand dan bagaimana pengaruhnya terhadap loyalitas dan komitmen nasabah pengguna mobile banking. Untuk menguji sembilan hipotesis yang diajukan, penelitian ini menggunakan online survey dengan metode purposive sampling untuk mendapatkan 201 responden yang memenuhi kriteria penelitian yaitu nasabah pengguna mobile banking yang berdomisili di Indonesia dan mengetahui siapa celebrity endorser dari mobile banking yang responden gunakan. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan dari sembilan hipotesis yang diuji hanya tujuh hipotesis yang menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dukungan selebriti pada iklan mobile banking berdampak positif terhadap kredibilitas brand serta loyalitas dan komitmen. Pemilihan jenis kelamin memoderasi pengaruh kredibilitas selebriti terhadap kredibilitas brand dimana selebriti wanita lebih memberikan pengaruh terhadap brand credibility sedangkan profesi selebriti tidak memoderasi pada kredibilitas brand. Dalam menentukan siapa celebrity endorsernya, perbankan di Indonesia dapat lebih fokus mempertimbangkan faktor trustworthiness dari celebrity endorser dibandingkan faktor lainnya seperti expertise dan attractiveness.
30007132 | 7132 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available