Text
ANALISIS POLA KEPEMIMPINAN DI PT JASA MARGA (PERSERO) TBK PENDEKATAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS
Perusahaan sangat bergantung pada tingkat atau kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas sumber daya manusia yaitu dilihat dari jiwa kepemimpinannya. Studi dilakukan pada salah satu Perusahaan jalan tol terbesar di Indonesia yaitu PT Jasa Marga (Persero) Tbk atau yang disebut Jasa Marga, merupakan salah satu Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak di bidang jasa jalan tol di Indonesia. Jasa Marga perlu memastikan kesiapan para pemimpinnya dikembangkan sesuai dengan kebijakan dan standar yang ditetapkan oleh Kementerian BUMN (KBUMN) untuk mendukung integrasi talent pool dari KBUMN. Penelitian ini menggunakan analisis jaringan sosial untuk memahami dan menganalisis pola hubungan dan interaksi antara anggota tim atau individu dalam organisasi yang berbasis pada social network theory dengan menggunakan Social Network Analysis (SNA). Responden survei penelitian ini terdiri atas 90 Karyawan dari 6 Unit Kerja yang ada di Kantor Pusat serta Regional di Jasa Marga. Berdasarkan hasil SNA diperoleh pemetaan pola kepemimpinan di Jasa Marga yaitu lebih mengarah ke distributed leadership. Meskipun kepemimpinan cenderung terpusat namun juga terdapat karyawan lain yang dianggap menonjol dari sisi kepemimpinan dan dianggap dapat menjadi pengendali informasi atau sebagai fasilitator dalam mengendalikan informasi di dalam suatu jaringan di Unitnya. Penelitian ini dapat membantu Jasa Marga untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan potensi kepemimpinan yang ada di antara anggota tim secara lebih efektif, sehingga dapat membantu Jasa Marga dalam membangun dan mengelola talent pool yang beragam dan inklusif yang dapat mendukung pencapaian kinerja perusahaan.
30007136 | 7136 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available