Text
PENGARUH E-SERVICE QUALITY, E-SATISFACTION DAN E-LOYALTY PADA LAYANAN E-GROCERY: ANALISIS MULTIGROUP BERDASARKAN SOSIODEMOGRAFI
E-Grocery adalah e-Commerce business-to-consumer (B2C) dengan tujuan utama menjual bahan makanan secara online. Karakteristik layanan ini antara lain menggunakan sistem digital (aplikasi/website), dan barang dikirim secara instan (doorstep delivery). Di tengah maraknya penggunaan e-Grocery, penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara E-Service Quality, e-Satisfaction dan e-Loyalty pada produk e-Grocery di Indonesia. Selain itu, penelitian ini mencoba untuk mengungkap aspek sosiodemografis dari responden serta dampaknya pada model yang digunakan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini diambil dari 374 responden yang menjadi pengguna e-Grocery di Indonesia. Model yang dibentuk diestimasi menggunakan PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Modeling) dan Multigroup analysis Bootstrapping dengan menggunakan software Jamovi dan SmartPLS versi 4. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa aspek-aspek Utilitarian dan Hedonis memiliki hubungan yang signifikan terhadap e-Service Quality, hubungan e-Service Quality berpengaruh terhadap e-Satisfaction serta adanya hubungan positif antara e-Satisfaction terhadap e-Loyalty. Selain itu, ditemukan adanya perbedaan pada analisis Multigroup pada berdasarkan gender, usia, frekuensi penggunaan layanan dan edukasi.
30007196 | 7196 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available