Text
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION: PERAN MEDIASI CUSTOMER EQUITY DRIVERS DAN CUSTOMER INSPIRATION PADA LAYANAN VIDEO STREAMING VIDIO DI INDONESIA
Pengguna aktif media sosial di Indonesia mengalami peningkatan pada tahun 2022. Oleh karena itu, beberapa perusahaan, termasuk Vidio, memanfaatkan media sosial sebagai alat dalam kegiatan pemasarannya, khususnya untuk mempengaruhi niat pelanggan untuk membeli produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing terhadap purchase intention pelanggan melalui customer equity drivers dan
customer inspiration sebagai variabel mediasi pada Brand Vidio sebagai platform video streaming. Data dikumpulkan dari 285 responden yang sebelumnya pernah menggunakan layanan gratis dari platform Vidio dan belum pernah berlangganan layanan premium dari Vidio. Data dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas social media marketing telah mempengaruhi secara signifikan dan positif semua customer equity drivers dan customer inspiration. Namun dua customer equity drivers, yaitu value equity dan brand equity, tidak signifikan mempengaruhi purchase intention pelanggan; Customer inspiration secara signifikan dan positif mempengaruhi purchase intention; dan aktivitas social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention secara langsung. Selain itu, aktivitas social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention melalui value equity dan brand equity. Namun aktivitas social media marketing berpengaruh signifikan dan positif pada purchase intention, melalui relationship equity dan customer equity.
30007236 | 7236 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available