Text
ANALISIS PENGARUH PERSEPSI ATAS EMPLOYEE VALUE PROPOSITION DAN SOCIAL IDENTITY TERHADAP TURNOVER INTENTION DIMEDIASI OLEH VARIABEL WORK ENGAGEMENT PADA PEGAWAI LEMBAGA OTORITAS PAJAK
Meskipun terjadi peningkatan penerimaan pajak dari tahun 2017 hingga 2022, porsi penerimaan pajak dalam pendapatan nasional telah menurun yang disebabkan oleh banyak faktor termasuk kekurangan pegawai. Studi ini menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi kekurangan ini, khususnya pada banyaknya pegawai yang memutuskan untuk meninggalkan institusi. Studi ini menguji dampak manfaat yang dirasakan pegawai dari organisasi, kecocokan mereka dalam kelompok sosial organisasi, dan keterikatan mereka dengan organisasi terhadap keputusan mereka. Meskipun studi serupa telah ada untuk sektor swasta, penelitian ini bertujuan untuk
mengisi kesenjangan dalam pemahaman dinamika retensi pegawai di sektor publik, terutama dalam konteks administrasi perpajakan. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan mengumpulkan data melalui kuesioner terstruktur yang terdiri dari 60 item. Sampel terdiri dari 388 pegawai dengan minimal satu tahun pengabdian di institusi tersebut. Pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif signifikan antara employee value proposition dengan turnover intention maupun social identity dengan turnover intention. Work engagement selain berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention juga mampu memediasi hubungan antara employee value proposition dan social identity dengan turnover intention. Studi ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi institusi untuk menanggulangi tren peningkatan pergantian dan kepindahan pegawai ke organisasi lain. Hal ini akan membantu institusi dalam mempertahankan sumber daya manusia yang terampil dan berkomitmen, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan pendapatan nasional.
30007265 | 7265 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available