RLC MM FEB-UI

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGEMBANGAN FRAMEWORK KOMPETENSI RENEWABLE ENERGY PADA PEGAWAI PT PLN (PERSERO) DAN TANTANGAN DALAM MENGEMBANGKAN PEGAWAI UNTUK MENGHADAPI TRANSISI ENERGI DALAM MENCAPAI NET ZERO CARBON 2060

Text

PENGEMBANGAN FRAMEWORK KOMPETENSI RENEWABLE ENERGY PADA PEGAWAI PT PLN (PERSERO) DAN TANTANGAN DALAM MENGEMBANGKAN PEGAWAI UNTUK MENGHADAPI TRANSISI ENERGI DALAM MENCAPAI NET ZERO CARBON 2060

ROBIADY, SANDY FEBRIAN - Personal Name; RACHMAWATI, RIANI - Personal Name;

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis kompetensi yang dibutuhkan pegawai terkait renewable energy di PT PLN (Persero) dan Menggali tantangan-tantangan apa saja yang ada dalam mengembangkan pegawai PLN di era transisi energi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan data primer serta data sekunder. 12 pegawai digunakan sebagai informan dengan cara wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat kompetensi teknis seperti perencanaan EBT,co-firing amonia dan biomassa, dan instalasi PLTS atap dan juga terdapat kompetensi generic seperti Adaptability of New Technologies, Business Savvy, Critical Thinking, dan Learning Agility, yang seluruhnya masuk ke dalam competency framework mengenai PT PLN (Persero). Hasil lainnya adalah terdapat tantangan-tantangan seperti metode asesmen hard competence yang belum dapat dipertanggungjawabkan validitas dan reliabilitasnya, asesmen yang tidak merata ke seluruh pegawai, dan program pengembangan kapasitas dan kapabilitas pegawai mengenai transisi energi yaitu Colony yang harus dioptimalkan. Implikasi manajerial pada penelitian ini adalah adanya framework competency yang menjadi guidance bagi PLN mengenai kompetensi renewable energy dan support system-nya, perlu adanya tools asesmen hard competency yang mampu mengukur level kompetensi dan gap kompetensi secara valid dan reliabel,asesmen perlu dilakukan kepada seluruh pegawai, dan perlu adanya konsistensi dalam penerapan tagging pegawai yang telah mengikuti atau terafiliasi dengan program Colony dan pentingnya PLN memastikan kesetaraan peluang bagi seluruh pegawai dalam mengikuti program Colony tidak boleh diabaikan. Penelitian ini memberikan wawasan baru dan juga mendukung bahwa perlu adanya peningkatan kapasitas dan kapabilitas para pegawai dalam beradaptasi dengan transisi energi ke energi bersih. Pegawai yang memiliki keterampilan dan
kompetensi yang tinggi dapat memberikan kontribusi positif dalam mendorong pengembangan teknologi hijau dan inovasi berkelanjutan melalui pengetahuan dan keterampilan teknis yang dimiliki, sehingga membuktikan bahwa kompetensi human capital berpengaruh terhadap pengurangan emisi karbon. Penelitian ini mendorong penelitian di masa yang akan datang menjadi basis untuk mencari hubungan dan pengaruh terkait kapasitas dan kapabilitas pegawai maupun praktik sumber daya manusia terhadap perilaku bertransisi energi kepada energi bersih.


Availability
300072937293RLC MM (Rak Tesis)Available
Detail Information
Series Title
-
Statement of Responsibility
Sandy Febrian Robiady
Call Number
7293
Publisher
Salemba, Jakarta : Magister Manajemen FEB UI., 2024
Collation
xiv, 140 p. : ill. ; 30 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
650
Content Type
-
Edition
-
Subject(s)
Tesis
Manajemen SDM
Competency
Energy Transition
Assessment
People Development
Renewable Energy
Specific Detail Info
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

RLC MM FEB-UI
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

RLC MM-FEBUI (Library) occupies the right side of the ground floor of the MM FEB UI Building with a reading room capacity of more than 60 people.
 
The MM-FEB UI library service system is closed (closed access); where the user does not have direct access to the collection shelf. Or in other words, users are not allowed to take their own books from the collection shelf

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject


© 2025 — RLC MM FEB UI

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search