Text
PEMASARAN BERBASIS AI: PENGARUH AKSESIBILITAS DAN KUSTOMISASI PADA LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN
Penelitian ini menggunakan model Stimulus Organism Response (SOR) yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor stimulus pada upaya pemasaran Artificial Intelligence (AI) dapat memengaruhi perilaku loyalitas konsumen pada aplikasi layanan pesan antar makanan. Hipotesis penelitian ini mencakup analisis pengaruh faktor stimulus (interaction, information, accessibility, dan customization) terhadap organisme (brand experience dan brand equity), analisis engaruh faktor organisme (brand experience dan brand equity) terhadap respons (brand preference dan reuse intention), serta analisis pengaruh faktor respons (brand preference) terhadap respons (reuse intention). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, deskriptif, dan cross-sectional survey. Sebanyak 412 pengguna aktif aplikasi layanan pesan antar makanan diambil sebagai sampel melalui teknik non-probability sampling dan analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh faktor stimulus pada aktivitas pemasaran dengan AI mempengaruhhi brand experience, sementara pada brand equity hanya information dan ineteraction yang mempenharuhinya. Brand experience dan brand equity juga sama-sama mempengaruhi response (brand preference dan reuse intention). Penelitian ini akan membantu perusahaan penyedia aplikasi layanan pesan antar makanan dalam merancang kegiatan pemasaran AI untuk memberikan rekomendasi makanan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, mempercepat proses pengiriman makanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara menyeluruh.
30007411 | 7411 | RLC MM (Rak Tesis) | Available |
No other version available